Powered by Blogger.
Home » , , » Sejarah Uang: Dari Barter Menjadi Banknote

Sejarah Uang: Dari Barter Menjadi Banknote


Uang sangat berharga karena semua orang tahu orang lain akan menerimanya sebagai bentuk pembayaran - jadi mari kita lihat di mana, bagaimana perkembangannya dan bagaimana uang digunakan saat ini.
Dunia Tanpa Uang
Uang, dalam  berbagai bentuk, telah menjadi bagian sejarah manusia selama tidak kurang dari 3000 tahun. Sebelum waktu itu, manusia menggunakan sistem barter.
Barter adalah perdagangan langsung dari barang dan jasa - Saya akan memberikan Anda sebuah kapak batu jika Anda membantu saya membunuh mammoth - tetapi itu membutuhkan waktu yang lama. Anda harus mencari seseorang yang berpikir bahwa kapak tersebut adalah pertukaran yang adil dengan menghadapi seekor mammoth. Jika itu tidak berhasil, Anda harus mengubah kesepakatan sampai seseorang setuju dengan persyaratan tersebut. Salah satu prestasi terbesar dari uang adalah meningkatkan kecepatan untuk berbisnis, baik membunuh mammoth atau membangun monumen, bisa dilakukan.
Perlahan-lahan, jenis mata uang prasejarah melibatkan barang-barang yang mudah diperdagangkan seperti kulit hewan, garam dan senjata yang dikembangkan selama berabad-abad. Barang-barang yang diperdagangkan termasuk sebagai alat tukar meskipun nilai-nilai satuan masih dinegosiasikan. Sistem barter dan perdagangan ini tersebar di seluruh dunia, dan masih bertahan sampai hari ini di beberapa bagian dunia.
Oriental Cutlery
Sekitar 1.100 SM, orang Cina berganti dari menggunakan alat aktual dan senjata sebagai alat tukar menjadi menggunakan replika miniatur dari alat-alat tersebut yang terbuat dari perunggu. Tak seorang pun ingin merogoh saku mereka dan menusuk tangan mereka pada panah yang tajam sehingga, dari waktu ke waktu, pisau kecil, sekop dan cangkul diubah bentuknya menjadi lingkaran kecil, yang mana menjadi koin pertama. Meskipun Cina adalah negara pertama yang menggunakan koin, koin pertama yang dicetak tidak terlalu jauh dari Lydia (sekarang Turki barat).
Koin dan Mata Uang
Pada 600 SM, Raja Lydia Alyattes mencetak mata uang resmi pertama. Koin-koin terbuat dari electrum, campuran perak dan emas yang terjadi secara alami, dan dicap dengan gambar sebagai denominasi. Di jalan-jalan Sardis, sekitar tahun 600 SM, sebuah guci tanah liat mungkin sama dengan dua burung hantu dan ular. Mata uang Lydia membantu peningkatan perdagangan kedua Negara baik internal dan eksternal, sehingga menjadi salah satu imperium terkaya di Asia Minor. Sangat menarik bahwa ketika seseorang mengatakan, “sekaya Croesus”, mereka mengacu pada raja terakhir yang dicetak di koin emas pertama Lydian. Sayangnya, pencetakan koin-koin pertama dan pengembangan ekonomi perdagangan yang kuat tidak bisa melindungi Lydia dari pedang tentara Persia.
Bukan Hanya Selembar Kertas
Seperti halnya Lydia,  dalam perkembangan mata uang, pada tahun 600 SM, orang Cina pindah dari koin ke uang kertas. Pada saat Marco Polo mengunjungi Cina pada 1.200 Masehi, Kaisar memiliki pegangan yang baik pada kedua pasokan uang dan berbagai denominasi. Di tempat di mana uang Amerika mengatakan, “In God We Trust,” prasasti Cina memperingatkan, “Semua pemalsu akan dipenggal.”
Eropa masih menggunakan koin sepanjang masa sampai dengan 1.600, dibantu oleh akuisisi dari logam mulia dari koloni untuk menjaga pencetakan uang lebih dan lebih. Akhirnya, bank-bank mulai menggunakan banknotes untuk deposan dan peminjam untuk membawanya, kecuali koin. Catatan ini bisa dibawa ke bank setiap saat dan dipertukarkan untuk nilai dalam koin perak atau emas. Uang kertas ini dapat digunakan untuk membeli barang dan dioperasikan seperti mata uang sekarang, tapi itu dikeluarkan oleh bank dan lembaga swasta, bukan pemerintah, yang sekarang bertanggung jawab untuk mengeluarkan mata uang di sebagian besar negara.
Mata uang kertas pertama yang dikeluarkan oleh pemerintah Eropa sebenarnya dikeluarkan oleh pemerintah kolonial di Amerika Utara. Karena pengiriman antara Eropa dan koloni membutuhkan waktu yang begitu lama, para penjajah sering kehabisan uang tunai untuk operasi. Alih-alih kembali ke sistem barter, pemerintah kolonial menggunakan IOUs yang diperdagangkan sebagai mata uang. Contoh pertama di Kanada, setelah itu koloni Prancis. Pada 1685, tentara mengeluarkan kartu bermain mata uang  dan ditandatangani oleh gubernur untuk digunakan sebagai uang pengganti koin dari Prancis.
Perjalanan Uang
Pergeseran ke uang kertas di Eropa meningkatkan jumlah perdagangan internasional yang terjadi. Bank dan kelas penguasa mulai membeli mata uang dari negara lain dan menciptakan pasar mata uang pertama. Stabilitas sebuah monarki tertentu atau pemerintah yang terkena dampak nilai mata uang negara dan kemampuan negara itu untuk berdagang di pasar yang semakin internasional. Persaingan antara negara-negara sering menyebabkan perang mata uang, dimana negara-negara bersaing akan mencoba untuk mempengaruhi nilai mata uang pesaing dengan menaikkan dan membuat barang-barang musuh menjadi mahal, dengan menurunkan dan mengurangi daya beli musuh(dan kemampuan membayar untuk perang), atau dengan menghilangkan mata uang sepenuhnya.
Meskipun banyak kemajuan, uang masih memiliki efek yang sangat nyata dan permanen dalam bagaimana kita melakukan bisnis saat ini.
 Sumber:informasiforex.com
Jika dirasa Artikel ini bermanfaat, Silahkan klik like us facebook RumahFx di kanan kolom halaman ini.